IELTS merupakan tempat tes untuk mengetahui kemampuan bahasa inggris Anda. Dimana tes ini mulai ada pada tahun 1989 dan merupakan tes standar internasional untuk mengukur kemampuan bahasa inggris. IELTS yang merupakan akronim dari International English Language Testing System ini dikelola oleh tiga organisasi yaitu Critish Council, IDP IELTS Australia, dan juga Cambridge English language assessment. Tes ini mempunyai beberapa bagian yang akan mempunyai pertanyaan berbeda disesuaikan dengan sesinya. Mulai dari listening, reading, writing yang akan dilakukan tanpa jeda dan Speaking yang terpisah. Keempatnya dibagi dalam beberapa waktu yang telah ditentukan. Untuk mendapatkan skor yang tinggi merupakan tujuan dari setiap peserta sehingga untuk mencapai tujuan tersebut, ada beberapa IELTS preparation yang bisa Anda lakukan.

Sedangkan untuk beberapa tips yang bisa digunakan bisa disesuaikan dengan jenis sesi yang akan dilakukan, seperti berikut ini :

  • Tes listening
IELTS listening. Credits : touchstoneedu.com

Jenis tes pertama yang akan dilakukan adalah tes listening atau mendengarkan. Pada sesi ini adalah Anda akan mendengarkan native berbicara dalam bahasa inggris dan akan ada pertanyaan dari percakapan yang dilakukan. Sehingga ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk bisa lulus dan mendapatkan nilai bagus dalam sesi tes listening ini.

Tes listening ini biasanya akan diberikan waktu yang singkat yaitu sekitar 30 menit saja. Dan dalam waktu tersebut Anda akan diberikan berbagai deskripsi untuk menjawab pertanyaan yang ada di soal. Biasanya beberapa tes listening yang akan diberikan adalah:

  • Rekaman pertama akan mendengarkan mengenai dialog kehidupan dengan konteks sehari-hari yang mudah.
  • Rekaman kedua akan mendengarkan monolog mengenai kehidupan sehari-hari dan juga sosial.
  • Rekaman ketiga adalah mengenai percakapan antara dua orang atau lebih.
  • Rekaman keempat adalah mengenai monolog dengan subjek akademik.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan tentu saja adalah mengerti yang dibicarakan oleh penutur Bahasa Inggris asli ini dalam percakapan. Percakapan tersebut tidak akan ditulis dalam teks sehingga sangat penting Anda dapat untuk mengerti setiap kata atau setidaknya mengerti maksud dari percakapan yang dilakukan oleh native dalam sesi tes listening ini. Untuk mendapatkan teknik mengetahui dan mengerti apa yang dibicarakan dalam bahasa Inggris tentu saja hal utama yang perlu dikuasai adalah banyaknya vocabulary.

Dengan bekal tersebut akan sangat membantu Anda untuk mengetahui dan mengerti apa yang native bicarakan dan kemudahan. Sehingga dengan bisa mengerti maka juga bisa menjawab soal yang akan ditanyakan. Oleh karena itulah sangat penting Anda untuk mengetahui banyak vocabulary yang juga sangat mudah untuk dipelajari.

Kunci dari hal tersebut tentu saja banyaknya latihan yang perlu dilakukan agar nantinya bisa menjawab pertanyaan pada tes listening. IELTS preparation listening session memang akan lebih kontekstual daripada jenis tes lainnya yang akan lebih berfokus pada grammar. Namun perlu diingat juga Anda harus menjawab dengan ejaan yang benar, huruf kapital yang tepat, dan mengikuti instruksi menjawab yang telah diberikan.

Untuk sesi listening seperti yang telah dijelaskan sebelumnya kemampuan Anda untuk mengerti percakapan dalam bahasa inggris merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Sebelum sesi listening memang sangat penting untuk membaca soal terlebih dahulu kemudian mencatat yang Anda dengar, sehingga Anda tidak akan lupa dengan percakapan dan bisa untuk mengetahui jawaban dengan benar dari percakapan atau yang dari native bicarakan. Untuk dapat mengerti dan bisa menjawab pertanyaan dengan benar dalam sesi ini juga sangat penting untuk sering berlatih mendengarkan seorang native speaker yang berbicara dalam bahasa inggris, seperti saat menonton video Youtube berbahasa Inggris, mendengarkan lagu barat, atau menyetel film dengan subtitle dalam bahasa Inggris juga.

  • Tes Reading
IELTS reading session. Credits : IELTS Online Tests

IELTS preparation yang penting selanjutnya adalah ketika sesi reading atau membaca. Sesi ini akan menghabiskan waktu yang lebih lama dari sesi listening yaitu sekitar 60 menit. Dimana pertanyaan yang harus dijawab berjumlah 40 pertanyaan dan digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris peserta. Adapun soal yang akan diajukan adalah mencari gagasan utama, detail dalam teks, apa maksud atau opini penulis, dan juga berbagai macam hal lainnya.

Berbagai teks tersebut harus dibaca baik-baik sehingga Anda bisa untuk mendapatkan jawaban tepat yang diinginkan oleh soal yang ada dalam tes. Biasanya dalam setiap teks tersebut akan mendapatkan beberapa jawaban dari soal sehingga dalam sangat penting untuk membaca teks dengan baik. Variasi teks yang akan dimasukkan biasanya mempunyai jenis dari teks yang ada di majalah, buku, surat kabar, dan juga jurnal. Sehingga sangat penting untuk Anda mengetahui vocabulary yang luas agar dapat mengetahui kata dalam teks.

Salah satu musuh dalam tes reading ini adalah dari waktunya yang cepat yaitu 60 menit sedangkan pertanyaan yang diajukan adalah 40. Tantangan ini merupakan hal yang tidak banyak ditaklukkan oleh peserta. Sehingga walaupun mempunyai kemampuan reading yang baik banyak peserta yang tidak berhasil karena gagal dalam mengalahkan waktu.

Oleh karena itulah hal penting yang harus dipelajari untuk dapat mendapatkan skor yang tinggi dari tes ini adalah bisa mendapatkan jawaban yang tepat dengan waktu yang singkat. Dimana salah satunya adalah dengan membaca pertanyaan terlebih dahulu untuk mengetahui pertanyaan yang harus dijawab dan baru mencari jawabannya di dalam teks. Hal tersebut akan sangat menghemat waktu karena Anda tidak perlu membaca teks berkali-kali.

  • Tes writing
IELTS writing illustration. Credits : St George International

IELTS preparation yang penting lainnya adalah dari tes menulis yang mempunyai waktu 60 menit. Tes ini akan membutuhkan peserta untuk melengkapi tugas dari jenis tes yang diambil. Dimana untuk tes pertama adalah dengan menulis surat dalam beberapa kata dan juga sebuah esai. Sehingga Anda memang sangat perlu untuk melakukan persiapan yang cukup untuk bisa mendapatkan skor tinggi dari tes writing ini.

Hal penting agar bisa mendapatkan skor tinggi adalah Anda mempunyai kemampuan grammar yang baik. Seperti penguasaan tenses yang tepat, gaya tulisan kalimat yang bervariasi, istilah dan idiom yang kaya makna, mengetahui kata sambung yang tepat digunakan dalam teks yang akan dipilih, dan juga dari kesinambungan struktur kalimat yang akan dibangun. Sehingga nantinya tulisan dari sesi ini mendapatkan hasil yang baik dan juga tepat sesuai dengan bahasa inggris yang baik dan benar. Penting juga untuk selalu menyertakan kalimat pembuka, isi, dan juga penutup yang tepat.

  • Tes speaking
Credits : Saya Educationals

Dan tes terakhir yang membutuhkan persiapan adalah tes speaking yaitu berbicara. Speaking part ini akan berlangsung sekitar 10 hingga 30 menit dan dilakukan dengan native speaker. Sehingga untuk penilaian dilakukan oleh native speaker sebagai penguji kelayakan Anda dalam berbahasa inggris yang benar dan juga akurat. Untuk lulus dengan nilai baik dalam tes ini memang sangat penting dan perlu melakukan beberapa persiapan khusus.

Seperti misalnya beberapa tahap persiapan IELTS yang perlu dilakukan untuk mendapatkan tes speaking yang tinggi adalah:

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan berlatih berbicara di depan cermin. Hal ini akan sangat membantu untuk mengurangi grogi yang dirasakan dan juga melatih pengucapan kata dengan tepat.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan mendengar ulang pengucapan Anda dengan audio recorder. Sehingga nantinya bisa mengoreksi dan tidak mengulangi kesalahan.
  • Anda juga bisa melatih cara pengucapan beberapa kata yang mungkin rancu dengan mengecek video berbahasa Inggris di internet.
  • Mencoba menguasai topik tertentu untuk kemudian dikembangkan menjadi pokok argumentasi
  • Serta langkah yang terakhir, biasakan berbicara santai dalam bahasa Inggris dengan teman Anda.