Efek globalisasi terhadap budaya di dalam negeri memang terbilang cukup besar, tak hanya dengan penggunaan produk-produk teknologi saja, melainkan yang lebih besar adalah pada bagaimana cara berpakaian masyarakat Indonesia. Banyak diantaranya yang sudah meninggalkan gaya tradisional seperti diantaranya adalah kebaya dan beralih pada model busana yang kekinian, ala barat maupun negara yang lainnya, sesuai dengan trend. Sehingga beberapa busana lokal seperti diantaranya adalah batik mulai ditinggalkan. Namun jangan khawatir karena kenyataannya ada semakin banyak diantara desainer muda yang mencoba untuk membuat batik memiliki model seperti busana kekinian, sebut saja diantaranya adalah dress batik.

Jika dulunya kain batik memang hanya digunakan dalam pembuatan busana mainstream, seperti kemeja, kemudian juga rok, maka sekarang jauh lebih bervariasi, sehingga berbagai macam acara penting juga tidak masalah jika seandainya ingin menggunakan kain bermotif ini.

kain batik
Ilustrasi kain batik – Sumber gambar : cantik.tempo.co

Bukan sekedar ikut serta melestarikan budaya, melainkan juga untuk memperkenalkan batik secara lebih luas ke berbagai penjuru dunia.

Oemah Etnik Navy Blue Premium Diamond Batik Top
Oemah Etnik Navy Blue Premium Diamond Batik Top –
Dirancang khusus dari bahan batik cap yang nyaman dan ringan. Sumber gambar : Bobobobo

Semakin kesini jika dilihat ada kian banyak daerah yang memiliki motif batiknya sendiri, berbeda daerah maka akan berbeda tampilan, pastinya juga makna yang ada di dalamnya, karena faktanya sendiri setiap tampilan kain batik tersebut memiliki arti yang berbeda-beda. Sehingga tidak bisa asal dalam menggunakannya.

Berikut Kombinasi Bahan-bahan Dress Batik yang Kekinian

Dress dari batik yang umum dijual di pasaran sendiri umumnya terbuat dari kombinasi beberapa bahan, hal ini juga akan menentukan kenyamanan dan tampilannya, diantaranya adalah :

Kombinasi dengan kain satin

Aloes Cream Tera Batik Top
Aloes Cream Tera Batik Top – Sumber gambar : Bobobobo

Siapa yang tidak mengenal jenis kain yang satu ini, satin dikenal karena memiliki tampilan yang begitu wah, terlihat mengkilap disertai dengan bahannya yang sangat nyaman untuk digunakan. Selain di model dress biasanya juga dibuat dalam model-model pakaian formal layaknya kemeja, bagi yang tengah mencari busana couple, kebanyakan juga dibuat dari kombinasi kain yang satu ini, sehingga tampak begitu wah

Batik dengan kombinasi brokat

BATEEQ White LA009-SS18 Kebaya Top
BATEEQ White LA009-SS18 Kebaya Top – Sumber gambar : Bobobobo

Agaknya bagi yang tengah mencari dress batik yang cantik untuk acara pesta bisa mempertimbangkan kombinasi kedua bahan yang satu ini, yaitu antara kain batik yang ditambah dengan brokat. Brokat sendiri sudah dikenal sebagai kain yang indah, ditambah dengan keberadaan batik tentunya akan tampil secara sempurna, akan memberikan kesan yang lebih seksi bagi penggunanya, karena ada pola-pola di setiap detail bahan tersebut. Namun juga tidak bisa dipungkiri jika tawaran harga untuk dress semacam ini juga agak mahal.

Batik dengan kombinasi sifon

Setelan Katun Print Kawung Kombinasi Sifon
Setelan Katun Print Kawung Kombinasi Sifon Pb Rm. Batik Putra Bengawan – Sumber gambar : ZALORA

Sifon adalah bahan yang ringan, biasanya banyak dipilih oleh wanita untuk busana hangout atau bahkan pesta, dikombinasikan dengan batik tentunya akan memberikan look yang berbeda. Banyak sekali diantara brand atau merk-merk yang mengeluarkan produk semacam ini, sehingga tak ada salahnya dijadikan sebagai pertimbangan

Batik dengan kombinasi dari katun

Warangka Batik Pink Paige Layer Top
Warangka Batik Pink Paige Layer Top – Sumber gambar : Bobobobo

Yang satu ini tentunya sudah banyak Anda temui di pasaran, kain katun tergolong sebagai jenis kain yang sangat nyaman digunakan, memiliki daya serap terhadap keringat tinggi, tak hanya itu jenis kain ini juga terasa dingin ketika bersentuhan dengan kulit. Tidak heran jika banyak dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya, seperti diantaranya adalah batik ini, selain itu harganya juga terbilang murah, dengan tampilan yang tidak murahan pastinya

Batik yang dikombinasikan dengan kain emboss

Kebaya Kutu Baru Emboss
Kebaya Kutu Baru Emboss – Sumber gambar : ZALORA

Pernah mendengar jenis kain yang satu ini? kain emboss memiliki ciri khas yang lembut dan biasanya memiliki ukiran yang muncul di bagian permukaannya, sehingga tampak begitu estetis. Bahannya terbilang sangat nyaman digunakan dengan harga yang juga relatif terjangkau.

Pilihan kombinasi bahan ini tak hanya mempengaruhi kenyamanan dalam menggunakannya, melainkan juga sangat berhubungan dengan tampilan. Beberapa mungkin cocok digunakan oleh mereka yang bertubuh gemuk, namun juga ada yang tidak, sehingga jangan asal dalam menjatuhkan pilihan.

Batik ini di pasaran sendiri sebenarnya terdapat 2 jenis, diantaranya adalah batik cap yang mudah sekali untuk dijumpai, dengan harga relatif lebih mudah dan hasil tampak begitu rapi. Batik cap ini memang pada dasarnya diproduksi dalam jumlah yang besar sekaligus, sehingga harganya relatif cukup murah, namun pilihan motifnya begitu banyak dengan bahan dasar kain yang beragam dalam pembuatannya. Sedangkan masih ada lagi jenis batik yaitu batik tulis, bisa dikatakan inilah sebenarnya batik asli.

Batik tulis seperti namanya dibuat dengan cara manual, yaitu menulis dengan menggunakan canting dan juga cairan malam. Umumnya tidak mudah mendapatkan batik yang satu ini dan benar-benar asli, harus datang ke tempat pembuatannya secara langsung, harga yang dibandrolkan juga tergolong mahal, menyesuaikan dari tingkat kesulitan dan juga nilai artistiknya, ada cerita di setiap ukiran gambar batik tulis tersebut, inilah yang membuat harganya melambung tinggi. Jenis batik yang satu ini juga lebih sulit dirawat dibandingkan dengan batik cap, karena tergolong mudah sekali luntur atau pudar warnanya. Apalagi bahan pewarna yang digunakan memang alami.

Bagi yang memiliki kain atau baju batik dari batik tulis ini, maka berikut ini ada beberapa tips dalam perawatannya yang wajib diketahui, yaitu :

Cuci terpisah dari pakaian yang lainnya

Seperti yang diketahui bahwa pewarna yang digunakan pada batik tulis adalah bahan alami, sehingga jauh lebih mudah luntur, disarankan untuk mencucinya secara terpisah dengan menggunakan shampo atau detergen khusus, biasanya menggunakan biji lerak. Zat tersebut bisa membuat warna dari batik menjadi lebih tahan lama, tidak luntur.

Jangan ditambah dengan pelembut maupun pewangi pakaian

Normalnya masyarakat mungkin akan menambahkan zat pelembut maupun pewangi pakaian sehingga nantinya pakaian tidak sekedar bersih, melainkan juga lembut bahkan wangi. Namun patut untuk diketahui juga bahwa bahan semacam ini bisa memicu kain atau pakaian batik tersebut nantinya menjadi mudah luntur warnanya, sehingga tampak kusam

Hindari untuk menjemurnya secara langsung di bawah sinar matahari

Jemurlah di tempat yang teduh, sehingga pakaian tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini sangatlah berguna untuk membuat warnanya tetap terjaga, tidak kusam.

Rendam di Air Hangat

Agar nantinya pakaian batik tersebut tetap awet, maka bisa disiasati dengan cara merendamnya pada air hangat, cara ini juga sangat berguna di dalam menghilangkan kotoran yang menempel pada kain batik tersebut, membuatnya jadi bersih sempurna tanpa noda, meskipun tidak dicuci dengan menggunakan detergen.

Lapisi Kain sebelum Disetrika

Jika ingin membuatnya licin, maka jangan disetrika secara langsung, sebaiknya lapisi dengan kain lagi sebelum menyetrikanya.

Mudah bukan, dengan demikian nantinya kain batik akan tetap terjaga warnanya dan pastinya tahan lama. Tampil lebih gaya dengan dress batik yang tepat untuk acara formal Anda, pilah-pilih model yang sedang ngetrend saat ini, jangan khawatir nantinya akan ketinggalan zaman. Pilah-pilih warna yang tepat juga sehingga tidak terkesan seperti orang tua.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *